Untuk kenyamanan sebuah hunian, Anda harus memastikan bahwa area ruang terolah dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penataan furnitur yang efektif dan efisien. Walaupun terlihat sepele tetapifaktanya mengatur furnitur di rumah Anda tidaklah mudah. Tentunya, Anda harus memperhatikan beberap hal sebelum mengatur furnitur dan mengolah area ruang tempat tinggal Anda. Hal awal yang harus Anda perhatikan adalah menentukan fungsi ruang. Pastikan siapa dan berapa banyak orang yang akan menggunakan ruangan tersebut. Memperhatikan hal detail seperti ini membantu Anda untuk menentukan furnitur seperti apa yang harus Anda beli. Perhatikan pula soal focal point seperti TV, cermin, lukisan, posisi jendela dengan pemandangan taman dan lain sebagainya. Jika Anda berencana membeli furnitur ukuran besar maka tentukan terlebih dahulu posisinya.

Contohnya, Anda harus menentukan posisi sofa dan tempat tidur yang akan Anda beli. Setelah posisi sudah direncanakan, pastikan pula jalur sirkulasinya. Sebagai contoh, saat mengatur ruang keluarga, Anda harus memastikan jika nantinya orang yang lewat bisa melewati bagian tepi sofa dan berjalan di tengah-tengahnya. Kalau tidak bisa maka lebih baik membuat 2 area duduk yang kecil dari pada 1 area luas. Meja merupakan elemen penting karena ukurannya yang cenderung besar. Untuk itu, atur posisi meja. Usahakan untuk meletakkan meja yang mudah dijangkau dari kursi. Tapi jangan lupa juga untuk mengatur jarak idela agar ada cukup ruang untuk kaki sehingga Anda nyaman saat duduk. Atur pula jarak antara furnitur dan dinding. Jarak ideal antara furnitur dan dinding ruang makan adalah 1.2 m sedangkan untuk jarak ideal tempat tidur dan dinding adalah 60 cm. Bagaimana jika Anda hanya memiliki ruang yang sangat kecil? Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa menaruh furnitur asalkan tidak menempel dinding. Hal ini berfungsi untuk jalur sirkulasi yang benar dan akan memberi kesan lega pada ruang kecil tersebut.

Dengan melakukan tips di atas maka area ruang Anda akan menjadi nyaman bahkan ruangan yang kecil pun akan nampak luas dan tetap nyaman. Sebagai tambahan sebelum membeli furnitur, ada baiknya untuk membawa ukuran ruangan. Hal ini termasuk pintu dan apa saja yang terkait dengan ruangan tersebut seperti lorong atau tangga. Mengetahui ukuran tersebut sangat penting untuk memastikan bahwa furnitur yang Anda beli dapat masuk dengan mudah ke ruangan tersebut. Agar tidak terlihat monoton, gunakan pula furnitur berbagai ukuran. Namun, jika Anda ingin melihat ruangan yang tenang dan damai maka tetap gunakan furnitur dengan ukurang yang serupa. Variasikan pula bentuk furnitur dan aksesoris yang Anda gunakan dalam ruangan tersebut agar ruangan lebih indah dari segi estetiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Develop and Designed by jualhosting.net / queenwebsite.com