Timbul pemikiran di benak beberapa tamu bahwa seseorang akan dikatakan memiliki sense of taste yang mumpuni kalau orang tersebut dapat menata dapur dengan baik dan indah. Permasalahannya adalah, terkadang orang salah persepsi degan konsep dapur yang indah. Kebanyakan orang berpikir bahwa dapur yang indah adalah dapur yang super komplit dengan berbagai macam fasilitas alat masak dari merek ternama. Namun, sungguh hal yang tak lucu bila Anda mempunyai sebuah dapur yang komplit tapi untuk jongkok mengambil panci saja Anda kesulitan. Untuk menghindari hal ini, penataan dapur yang baik seperti di bawah ini sangatlah diperlukan sebagai solusi untuk menghadirkan dapur yang baik nan enak dipandang.

Tentukan Konsep Dapur

Penataan sebuah dapur tak bisa terlepas dari konsep dapur itu sendiri. Akan lebih mudah untuk memindahkan barang jika sudah ada bayangan mengenai akan seperti apa dapur Anda nantinya. Salah satu konsep dapur yang sangat terkenal dan banyak dicari adalah konsep open kitchen alias dapur, yang juga da[at jadi tips jitu terbuka. Dengan konsep ini, Anda akan mendapatkan tampilan dapur yang luas dan lega, sehingga dapat menutupi kekurangan dari dapur yang memiliki tempat terbatas.

Menurut interior designer terkenal dari Jennifer Ott interior design, Jennifer Ott, konsep open kitchen akan mengurangi kemungkinan “kemacetan” di dapur karena terlalu banyak barang-barang. Konsep ini hanya memakai satu sisi bagian dinding dan dikombinasikan dengan island.

Negosiasi antara Ruang dan Keinginan

Tak peduli seberapa indah island dapur anda, jika ternyata dapur Anda tak muat untuk menampungnya sebaiknya jangan dipaksakan. Konsep open kitchen adalah bagaimana membuat ruangan terlihat seleluasa mungkin, jika penambahan island hanya akan menambah sesak, sebaiknya dihilangkan saja. Atau, Anda bisa menggunakan portable island atau island ukuran mini sebagai tips jitu sehingga dapur Anda dapat memiliki ruang lebih untuk menyimpan alat-alat lain.

Strategi Penempatan Alat Rumah Tangga

Tips jitu untuk menghindari  chaos dan macet di dapur adalah dengan strategi tata letak alat dapur. Usahakan jangan meletakan wastafel di pojok, serta jangan menaruh kulkas di dekat kompor atau di depan oven. Wastafel di pojok ruangan akan menyebabkan antrian menuju dapur dan, jika Anda menaruh kulkas di depan oven, Anda akan kesulitan memanggang kue bila anak Anda sedang membuka kulkas, kecuali dapur Anda sangat luas sekali. Jangan lupa untuk memperhitungkan jalur lewat di dapur Anda juga, setidaknya sisakan 100 cm jalur untuk lewat.

Kalau Anda memiliki anak-anak yang suka memasak, tak ada salahnya untuk menambahkan tempat duduk agar anak-anak Anda bisa membantu Anda ketika memasak.  Tempat duduk bisa diletakan di depan island dapur Anda sehingga konsepnya mirip seperti meja bar. Anda bisa menggunakannya bila Anda sedang menunggu masakan Anda matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Develop and Designed by jualhosting.net / queenwebsite.com