Bagaimana Memadukan Ruang Keluarga dengan Ruang Makan???

Tips dan cara mendekorasi ruangan dua fungsi yang merupakan kombinasi antara ruang keluarga dengan ruang makan.

Apakah Anda tipe orang yang gemar makan sambil menonton TV? Sayangnya, jarang sekali rumah yang menempatkan TV di ruang makan. Alasannya adalah agar setiap anggota keluarga bisa fokus dalam menikmati hidangan sembari bercengkerama satu sama lain. Maka, TV lebih sering ditempatkan di ruang keluarga ketimbang di ruang makan. Namun, karena alasan ini, banyak orang, terutama anak dan remaja, enggan makan di ruang makan, dan memilih untuk makan di ruang keluarga, tepatnya di depan TV. Jika hal ini juga terjadi di rumah Anda, mungkin kini saatnya Anda perlu menggabungkan ruang keluarga dan ruang makan.

 

 

Memadukan dekorasi ruang keluarga dan ruang makan sering menyebabkan dua ruangan tersebut terlihat kontras dan tidak memiliki satu kesatuan. Dibutuhkan trik tertentu agar kedua ruangan tersebut tampak menyatu dan tidak terllihat kontras. Pengecatan ulang seperti menganti warna cat dan penempatan furnitur adalah kunci bagaimana merancang dekorasi ruang sehingga memiliki daya tarik visual serta fungsional. Berikut ini adalah cara untuk mendekorasi ulang ruangan untuk mengkombinasikan antara ruang keluarga dengan ruang makan.

Langkah Pertama

Cara menyatukan ruang makan dan ruang keluarga adalah mengecatnya dengan warna yang netral atau pastel untuk memberi efek visual yang luas dan ruangan tersebut terkesan besar. Memilih warna untuk satu ruangan dan memberikan ruangan lainnya warna lebih gelap atau lebih terang akan membantu terciptanya koordinasi antar ruangan tersebut. Ide lain adalah yang bisa diterapkan adalah dengan mengecat dinding ruang tamu dan menggunakan kombinasi wallpaper atau dapat juga meletakan furnitur sebagai pembatas di bagian ruang makan.

Langka Kedua

Pilih taplak meja, piring hias, lukisan, karya seni, kap lampu, patung dan asesoris dekorasi lainnya yang memiliki tema yang sama atau mirip untuk ke dua ruangan tersebut. Misalnya, jika ruang keluarga Anda mempunyai warna dinding biru, terdapat kain kelabu tua dan putih tipis, pilih warna biru, kain kelabu tua dan kotak-kotak putih untuk karpet, bantal, kursi, dan taplak meja. Jika ruang keluarga Anda memiliki tema laut, Anda dapat memperkuat tema tersebut dengan mengantung gambar atau ilustrasi pantai, hewan – hewan laut, matahari terbit dan terbenam, pohon kelapas, dek kapal, atau pasanglah beberapa gambar lain yang memberikan nuansa laut.

Langkah Ketiga
Tempatkanlah furnitur yang berukuran besar di tepian ruangan agar tidak mengganggu pandangan ke arah ruang makan. Misalnya, tempatkan sofa di sebelah jendela, atau dapat di tempatkan di depan televisi atau rak koran agar terlihat minimalis dan tidak menganggu pandangan.

Langkah Keempat

Tempatkan kedua mebel untuk ruang makan dan ruang keluarga secara terpisah, seperti kursi empuk atau dua kursi yang saling berjauhan satu sama lain dan membentuk sudut 90 derajat dari sofa. Hal ini akan menciptakan penataan tempat dudud bentuk huruf L di dalam ruangan.

Langkah Keenam

Atur posisi furnitur yang ukurannya kecil, seperti meja sisi, bangku atau bufet, sehingga furnitur kecil ini memiliki keterkaitan atau hubungan dengan furnitur yang lebih besar. Contohnya dengan menempatkan meja dan lampu di kedua ujung sofa atau tempat duduk yang lainnya.

Langkah Ketujuh

Hadirkan tanaman di dalam pot besar atau pasang lampu yang berada di lantai untuk menguatkan eksistensi tanaman di dalam pot sebagai salah satu aksesoris penunjang ruang makan dan ruang keluarga. Posisikan tamanam tersebut di sudut kosong untuk mengisi ruang dan hanya sebagai menarik perhatian pada area kosong.

Selain penataan furnitur dan penambahan aksesoris pendukung lainnya yang dapat menggabungkan ruang keluarga dan ruang makan. Anda juga harus memperhaitkan perhatian lebih pada cat dinding  tembok kedua ruangan tersebut. Pengecatan merupakan hal yang mendasar karena sebagai penyatu antar kedua ruangan tersebut dengan warna. Untuk menciptakan ruang yang tenang dan kohesif, memadukan ruang makan dan ruang keluarga sebagai ruang tunggal memerlukan perencanaan yang tepat agar dapat membantu Anda menciptakan sudut terbaik dari ruangan.

Desain Interior Ruang Keluarga dan Ruang Makan

Memilih warna untuk kombinasi ruang makan sekaligus ruang keluarga

Ambil sebuah roda warna. Alat ini akan membantu anda dalam memilih perpaduan warna yang tepat yang dapat dipilih sebelum melakukan pengecatan untuk memadukan kedua ruangan tersebut. Cara yang dapat Anda gunakan salah satunya memilih warna di roda warna yang mirip dengan furnitur di kedua ruangan tersebut. Hal ini juga sebagai pencegahan agar warna tembok dan furnitur anda tidak terkesan kontras. Alat ini biasanya tersedia di toko bahan bangunan maupun dapat juga di peroleh dari internet.

Dekorasi ruang makan dan ruang keluarga dengan skema warna monokromatik sebaiknya memilih kombinasi warna bernuansa ringan dan lebih gelap. Opsi terakhir adalah dengan menggunakan warna netral, warna yang terlihat cocok dengan hampir setiap warna dan dapat membantu membuat ruang terlihat lebih besar. Cokelat, krem, dan putih putih adalah contoh warna netral.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Develop and Designed by jualhosting.net / queenwebsite.com