Dulu, ruang ini seringkali disembunyikan keberadaannya. Kini, dapur menjadi point of interest pada rumah. Kendati demikian, untuk merancang dapur yang sempurna, Anda perlu pengetahuan. Berikut yang harus Anda perhatikan.

1. Sekadar Cantik

Seringkali orang merancang dapur hanya memerhatikan estetika yang tinggi, namun kurang fungsional. Contoh, orang yang memiliki keuangan lebih biasanya menginginkan desain yang serba mewah, lengkap, dan dengan konsep yang paling kekinian. Padahal, belum tentu desain itu yang mereka butuhkan, karena mereka jarang masak. Jadinya, dapur yang seba lengkap ini menjadi tak terpakai. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan dan konsep desain interior dapur Anda.

2. Penyimpanan Sedikit

Idealnya, semua barang dapat disembunyikan di dalam lemari penyimpanan. Tujuannya ,agar dapur terlihat lebih rapi dan bersih. Anda bisa mengalokasikan kabinet bawah, kabinet atas, dan jika ada island, area bawahnya juga bisa dijadikan tempat penyimpanan. Jangan sampai tempat penyimpanan sedikit dan barang berantakan dimana-mana.

3. Tak Melihat Kondisi Ruang

Saat merancang dapur, jangan lupa lihat kondisi ruang dan luas dapur Anda. Semua itu sangat berpengaruh dalam menentukan apakah dapur Anda cocok untuk bentuk I, L, U, atau island? Sedangkan luasan dapur berpengaruh terhadap banyaknya aktivitas yang bisa ditampung di dapur, yang ujung- ujungnya juga berkaitan dengan desain.

4. Lupa Menyediakan Tempat Pembuangan

Banyak dari Anda sering kali melupakan hal yang satu ini. Ya, Kebanyakan orang menganggap bahwa tempat sampah bukan sesuatu hal yang penting. Atau, menganggap sampah merupakan bagian terpisah dari dapur. Padahal, dengan meletakkan tempat sampah terpisah dari kitchen set, dapat merusak kecantikan dapur secara keseluruhan.

5. Ukuran Tak Proporsional

Furnitur di dalam dapur harus terlihat proporsional dan tidak membuat dapur penuh sesak. Idealnya, banyaknya furnitur di dapur tidak lebih dari 1/3 luas dapur.

6. Dapur Sesak Untuk Bernafas

Seperti halnya manusia, dapur pun butuh bernafas. Dapur tanpa ventilasi udara akan membuat ruang ini menjadi sumber penyakit, menimbulkan bau yang tidak sedap, dan pengap. Untuk itu, luangkan sejengkal dinding pada dapur Anda untuk dipasangi ventilasi udara. Jika tidak memungkinkan, tambahkan exhaust fan dan cookerhood.

7. Minim Penerangan

Kesalahan yang sering terjadi adalah kondisi pencahayaan di dapur sangat minim, baik siang atau malam. Padahal, keselamatan Anda di dapur, salah satunya ditentukan pencahayaan yang baik. Minimalnya, harus ada lampu untuk ruangan dapur 1 titik, lampu di bawah kabinet atas dapur untuk menerangi area memasak, dan lampu pada area kerja untuk memotong-motong makanan atau meracik makanan.

8. Tak Melibatkan Ahlinya

Memang menggunakan jasa desainer terbilang mahal. Namun, apa salahnya bila Anda sedikit mengeluarkan kocek untuk desain dapur yang ergonomis. Biaya yang dikeluarkan desainer interior pun idealnya sebanding dengan kenyamanan Anda menggunakan dapur.

9. Salah Pilih Material

Material dapur ini sebenarnya tidak mengalami tren perubahan yang signifikan. Jadi, jika terdapat kesalahan, ada 2 hal yang sangat mungkin terjadi, yaitu Anda benar-benar tidak memahami material dapur atau Anda ditipu oleh pembuat dapur. Untuk rancang dapur, Anda bisa menggunakan material multipleks dengan finishing HPL atau duco pada kitchen set-nya. Lebih baik lagi jiga menggunakan kayu solid. Sementara untuk backsplash-nya bisa menggunakan keramik mozaik, dan top table menggunakan solid surface atau granit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Develop and Designed by jualhosting.net / queenwebsite.com