Bahan sederhana seperti triplek ternyata mampu menghasilkan berbagai macam furniture dalam bentuk yang menarik. Salah satu contoh yang nyata adalah furniture multifungsi hasil karya Torafu Architects, sebuah studio arsitektur dari Jepang.

Torafu menciptakan furniture bernama Dice yang terbuat dari bahan triplek yang cukup tebal. Di bagian pinggir – pinggir triplek diberi pengaman berupa karet. Menariknya, furniture yang diberi nama Dice atau yang bermakna “Dadu” ternyata juga sesuai dengan karakter furniture tersebut.

Furniture dengan 6 sisi tersebut dapat dimanfaatkan untuk tiga fungsi dan fungsi tersebut diperoleh tergantung dari arah hadapnya. “Kami telah merancang sebuah furniture dengan beberapa posisi istirahat yang bisa digunakan oleh anak – anak hingga mereka nanti berusia dewasa yaitu dengan cara menggulingkannya terlebih dulu seperti dadu,” tutur para desainer Torafu melalui situs resminya.

Tiap Dice menawarkan 3 posisi untuk penggunanya. Posisi yang pertama dapat digunakan untuk anak kecil. Posisi ini hampir sama dengan meja di ruang kelas yang disambung langsung dengan kursinya. Posisi yang kedua lebih mirip dengan dingklik atau bangku yang dapat digunakan untuk orang dewasa.

Posisi yang ketiga disebut sebagai rak sisi. Sesuai dengan namanya, posisi tersebut membuat Dice dapat digunakan untuk rak buku. “Furniture multifungsi ini dapat digunakan dalam 3 cara yang berbeda, tergantung di sisi manakah furniture itu diistirahatkan,” ungkap para desainer.

Torafu menekankan hasil karyanya itu sebagai langkah untuk menghindari keterbatasan yang biasa ditemukan pada kebanyakan furniture pada umumnya. Para desainer yang ikut tergabung dalam Torafu yakin bahwa mereka sudah berhasil menciptakan furniture multiguna yang dapat dimanfaatkan sebagai “sahabat” dalam berbagai tahapan kehidupan seseorang.

Ada dua desain Dice yang ditawarkan oleh Torafu Architects. Walaupun kedua Dice ini memiliki bentuk yang serupa, namun kedua furniture yang terbuat dari bahan triplek ini tersedia dalam pilihan warna pastel yang dilengkapi dengan pengaman bagian ujung dari karet sedangkan pilihan satunya adalah Dice dengan warna yang lebih tua dengan pengaman di bagian ujung berwarna kuning.

Furniture Dice atau dadu yang unik tersebut tentu sangat inspiratif untuk menjawab kebutuhan furniture multiguna saat ini. Apalagi, luas ruangan yang semakin terbatas juga mengharuskan pemilik rumah untuk menggunakan furniture multifungsi agar dapat mengakomodasi semua kebutuhan.

Dengan furniture dadu ini, furniture tersebut tidak hanya menawarkan satu fungsi saja tetapi beberapa fungsi sekaligus dalam sebuah furniture sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Jadi furniture unik ini dapat digunakan sejak anak masih kecil hinga nanti ia tumbuh dewasa sehingga tidak perlu repot – repot menghabiskan banyak uang untuk membeli furniture baru dan membuang furniture lama. Bagaimana, apakah Anda terinspirasi dengan furniture ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Develop and Designed by jualhosting.net / queenwebsite.com