Seringkali loteng hanya digunakan sebagai ruang tak terpakai. Atau, jika difungsikan pun jadi gudang. Padahal, dengan memanfaatkan loteng jadi ruang serbaguna dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki rumah dengan luas terbatas.

Keterbatasan ruang sepertinya menjadi masalah banyak orang. Ini tak terlepas dari harga rumah yang semakin tinggi sehingga membuat orang hanya mampu membeli rumah berukuran mungil. Namun, semua itu sebenarnya bisa disiasati, misal dengan memanfaatkan loteng jadi ruang serbaguna.

Loteng umumnya hanya dijadikan ruang terbuang. Atau maksimalnya dijadikan sebagai gudang. Akan tetapi, jika loteng yang ada di rumah Anda ukurannya cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya menjadi ruang yang lebih bermanfaat. Misalnya, sebagai kamar tidur, ruang baca, ruang belajar, serta ruang fungsional lain.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang harus dipenuni. Mari simak!

Tips Memanfaat Loteng

  1. Memiliki ketinggian yang cukup
    Ketinggian atap haruslah jadi fokus yang tak boleh terlewatkan. Sebenarnya, tak perlu ketinggian hingga 3m untuk membuat ruang baru. Dengan ketinggian 2,4m, yaitu dihitung dari titik atas plafon hingga titik bawah rangka atap, sebenarnya sudah cukup. Jika pengguna ruangnya anak-anak, ketinggian 2m juga sudah bisa dimanfaatkan.
  2. Hawa Panas Harus Diminimalisir
    Idealnya, jika ingin memanfaatkan loteng harus dilakukan pemasangan insulasi tambahan pada genteng. Untuk insulasi panas Anda bisa memasang aluminium foil, glasswool, atau polyurethane, tepat di bawah lapisan reng dan genteng. Untuk gentingnya pun dapat Anda pilih genting yang dapat mereduksi panas.
  3. Cek Apakah Kuat Menahan Beban Tambahan
    Selain tinggi, cek dulu struktur bangunan masih baik ataukah tidak. Jika buruk Anda harus melakukan suntik struktur atau membuat struktur baru. Jika ingin memanfaatkan loteng, sebaiknya tidak menggunakan rangka baja ringan. Sebab, kuda-kuda baja ringan berjarak rapat, yaitu 1m-1,5m jadi tak memungkinankan membuat ruangan. Beda halnya dengan kuda-kuda kayu atau beton. Kuda-kuda kayu atau beton memiliki jarak sekitar 3m-4m. Jarak ini cukup leluasa bila dimanfaatkan sebagai ruangan.
  4. Jangan Lupa Sirkulasi Aksesnya
    Jika ukuran rumah terbatas, siasati dengan gunakan tangga lingkar yang berukuran 120cmx120cm. Bila loteng sangat sempit, Anda mau ga mau gunakan tangga febrikasi khusus. Jika tak digunakan, tangga dapat dilipat ke atas sehingga tak mengganggu aktivitas ruang di bawahnya.
  5. Material Lantai Haruslah Ringan
    Kayu memang material lantai yang cukup ringan. Jika memang menggunakan material ini, sebaiknya sudah diberi anti-rayap dan di-coating karena kayu cukup rentan terhadap serangan rayap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Develop and Designed by jualhosting.net / queenwebsite.com