Bagi Anda yang telah memiliki buah hati, mungkin kerap kali dipusingkan dengan desain keberadaan kamar anak yang efektif bagi penghuninya. Seperti yang kita tahu, memberikan tempat khusus bagi buah hati untuk mengerjakan PR dan tugas, belajar dan juga beristirahat akan memberikan dampak positif bagi sang anak sendiri. Menanamkan rasa tanggung jawab dalam menjaga kerapian kamar tentu menjadi satu poin yang harus dididik sejak dini. Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian khusus dalam membuat kamar anak

Yang pertama, tentu masalah lingkungan yang cocok dan ideal bagi buah hati. Buatlah ruang belajar yang mewakili karakter anak dan sesuai karakter mereka masing-masing. Melibatkan anak dalam rencana penentuan desain interior mungkin suatu hal yang layak dipertimbangkan. Pastikan pula ruangan tadi memiliki area pencahayaan yang mencukupi dan ventilasi memadai agar anak dapat betah belajar di dalam ruang tersebut. Memberikan lapisan kedap suara di dinding juga mungkin bisa diperhatikan, agar anak tak terganggu dengan kebisingan terutama dari lingkungan luar rumah anda.

Kedua, masalah perabotan. Sediakan alat-alat penunjang yang dibutuhkan anak seperti meja tulis, meja belajar, rak-rak buku, lemari untuk barang dan sebagainya. Lengkapi kebutuhan anak, agar anak merasakan kemudahan dan kenyamanan untuk belajar di dalam kamar. Sesuaikan pula perabotan dengan jumlah anak anda. Jika perabotan kamar anak nanti akan dipakai dua anak atau lebih, berikan tambahan alat-alat penunjang tersebut agar anak pun tidak saling berebut.

Ketiga, Asah kreatifitas tiap pribadi anak anda menggunakan alat bantu seperti papan belajar, papan magnet untuk jadwal dan catatan, alat gambar serta buku buku ilmu pengetahuan yang beragam. Bisa pula anda tambahkan komputer, laptop dan televisi sebagai sarana belajar dan mengasah kreativitas mereka. Namun, pastikan anda mengingatkan dan mengawasi mereka dalam penggunaan alat-alat elektronik tersebut, jangan sampai mereka justru menjadi terganggu dengan keberadaan alat-alat yang seharusnya membantu mereka itu.

Terakhir, masalah privasi. Berikan privasi kepada anak Anda agar mereka dapat melakukan kegiatan mereka di dalam kamar baik itu belajar, membuat tugas, atau bermain. Hal ini dilakukan agar anak lebih dapat fokus terhadap apa yang mereka sedang lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Develop and Designed by jualhosting.net / queenwebsite.com