2. 1. Pengertian Desain Eksterior
Sering kali berdecak kagum dengan bagian luar sebuah rumah atau gedung. Keindahan bentuk atap atau pun permainan dinding dan warna gerbang atau pagar membuat hati ingin berhenti dan mengambir gambar.
Desain eksterior adalah bagian luar ruangan, atau dekorasi yang peruntukkan atau penempatannya di ruang terbuka, terkena sinar matahari langsung, hujan, angin. Seperti pahatan di dinding candi. Sculpture atau patung, sebagai dekorasi eskterior3 dimensi. Decak kagum atau rasa kasihan pertama muncul dari bagian luar ini. Oleh karenanya banyak orang membuat bagian eksterior menjadi seindah mungkin. Apalagi di perumahan perumahan elit yang berharga selangit. Eksterior adalah bagian sangat penting untuk menimbulkan kesan pertama yang begitu menggoda.
Rumah tipe 21 bisa terlihat seperti sebuah istana kecil, imut, dan begitu bekesan. Plafond yang dibuat tinggi, facade yang dibuat sedemikian rupa sehingga menampakan kemegahan sebuah bangunan. Saat masuk kedalam rumah pun, desain interior rumah dibuat lega dengan permainan kaca dan perabotan minimalis yang multi fungsi. Warna cat dinding yang dipakai adalah warna warna lembut yang membuat nyaman di mata.

2. 2. Tunjuan dan Fungsi Desain Eksterior
Fungsidari desain Eksterior yang bernilai minimalis adalah berhubungan dengan rasa kagum orang lain terhadap keindahan ekstrior rumah ( bagian luar rumah ).
Atap Tinggi
Rumah boleh berukuran kecil, tapi bagian eksterior dibuat ” waahh “ agar rumah tampak agak besar. Untuk membuat kesan ini, ada beberapa langkah yang bisa diambil. Misalnya, meninggikan bagian atap. Bila perlu membuat atap model Victoria yang ada di Los Angeles. Bentuk atap kerucut dan tinggi seperti sebuah kastil di salah satu bagian akan membuat tampilan rumah menjadi megah. Beri warna mencolok agar tampilan menjadi mewah. Warna fuschia, merah maroon, dan orange bisa menjadi pilihan.
Taman
Rumah mungil akan tampak indah kalau tidak menggunakan pagar. Agar terkesan lebih luas, buatlah taman minimalis yang hanya mempunyai 3-4 warna bunga ataupun daun. Taman dengan beberapa bonsai yang dikelilingi tanaman teh atau tanaman perdu berwarna hijau, akan membuat eksterior rumah semakin memberikan kesan indah yang akan membuat orang melirik, bbahkan melotot menatapi keindahannya. Buat air mancur kecil di tengah taman agar energi air memberi kesan dingin dan teduh pada rumah.
Kanopi
Rumah ukura kecil pun tak jadi masalah bila akan memasang kanopi. Tapi, kanopinya disesuaikan dengan bentuk dan warna rumah. Akan semakin bagus bila kanopi tersebut diselubungi tanaman rambat. Selain menjaga dan memperpanjang usia kanopi, tanaman rambat tersubut akan menambah kesan hijau nan sejuk pada rumah. Jadi, kanopi bisa dibuat seperti perpanjangan dari taman mungil yang ada di bagian depan rumah

2. 3. Fungsi Warna Desain Eksterior
Warna yang diaplikasikan pada eksterior mampu memunculkan bagaimana karakter pemilikinya. Karena itu, Anda bisa berekspresi sebebas mungkin dalam menentukan warna eksterior untuk menciptakan nuansa yang memberi rasa nyaman sesuai kepribadian Anda.
Namun, untuk menentukan warna eksterior seringkali pemilik rumah merasa kesulitan karena salah memilih warna, akan membuat suasana menjadi tidak nyaman.
Warna Rumah Tampak Alami
Warna cokelat tua dan sedikit hijau muda mungkin lebih cocok. Warna pagar dan bentuk pagar juga hendaknya menyesuaikan dengan warna rumah.Agar lebih mendukung kesanrumah alami, pagar yang terbuat dari kayu akan lebih menarik. Kalaupun tidak terbuat dari kayu, bisa terbuat dari beton tapi ditutup dengan tanaman rambat. Rumah tentunya akan semakin tampak asri. Ditambah dengan kanopi yang juga dirambati oleh tumbuhan hijau. Namun rumah alami seperti ini memerlukan perawatan ekstra terutama untuk memelihara agar tanaman tidak menjadi tanaman liar dan tetap sesuai dengan tujuan semula. Beberapa orang yang menginginkan rumah alami ini tetap membiarkan tanaman merambat ke sana ke mari, dan semakin menambah teduh dan asri. Kalau anda memang termasuk tipe orang seperti itu, ya tidak apa-apa. Warna eksterior rumah menjadi tidak begitu banyak pilihan. Untuk mendukung kesan alami, damai dan hijau, memang tidak sembarang warna eksterior rumah yang bisa diaplikasikan.
Rumah Tampak Cerah
Kini semakin banyak orang yang berani menampilkan warna eksterior rumahnya dengan menggunakan warna-warna berani sehingga warna tersebut membuat rumah tampak ceria dan menyenangkan. Misalnya, warna merah muda, oranye, ungu, merah, hijau, sertacampuran warna kuning, hijau, dan merah. Keberanian ini tentunya membuat corak warna hunian semakin berwarna. Tidak ada salahnya untuk memberikan kesan khusus kepada warna eksterior rumah.

2. 4. Zona Ruangan Desain Eksterior
Jangan abaikan eksterior rumah Anda ketika merenovasinya. Eksterior yang buruk juga mempengaruhi nilai rumah dan nilai jual rumah Anda. Jika Anda sedang merancang anggaran renovasi rumah, pertimbangkan membuat eksterior lebih cantik berikut ruang dalam.
Beberapa yang Penting Dipertimbangkan
Beberapa rumah memiliki eksterior yang lebih mudah diubah. Sebuah rumah besar terpisah dapat diubah dengan mengatur beranda baru atau mengubah garis atap dan genteng. Rumah yang lebih sederhana dan menawarkan ruang renovasi seperti pada bagian teras. Prinsipnya, perubahan mencolok tak selalu dianjurkan. Anda bisa mendapatkan ruang tamu tambahan dengan merenovasi eksterior. Pertimbangkan mengubah garasi dengan mengganti pintu dengan jendela serta sesuaikan penataan tembok.
Penataan dan Membuat Tembok
Jika rumah Anda memerlukan sedikit penyesuaian mortar antara bata yang perlu diganti, berhati-hatilah melakukannya sendiri jika area cukup luas. Sebaiknya, serahkan saja pada ahlinya. Misalnya, jika pekerjaan menyangkut tiga perempat dari dinding memiliki lapisan yang rusak. Ini akan memerlukan materi yang sesuai dengan dinding dan pencampuran
yang tepat.
Mortar yang baru sebaiknya disesuaikan dengan bata yang sudah ada, menggunakan pigmen yang dijual oleh toko bangunan. Bata tua dengan mortar kapur akan lebih tahan terhadap perubahan tanpa menimbulkan retak. Sementara mortar semen baru lebih rentan retak dan air dapat merembes keluar melalui bata.
Ini dapat membuat permukaan mudah terkelupas di bagian luar dan lembap di bagian dalam. Jika bangunan memiliki pelapis, dapat diganti, dan dicat ulang.
Selubung
Menambahkan sebuah selubung pelindung bagian luar bangunan dari sebuah kayu yang dipasang horizonal adalah favorit desainer eksterior saat ini. Ini akan mempercantik rumah sehingga tak nampak membosankan dan dapat menjadi sebuah ekstensi yang cocok. Bagaimanapun, sebelum menyelubungi rumah pertimbangkan efek yang akan terjadi pada nilai rumah dan nilai jual. Beberapa papan penahan cuaca dapat dicat atau dibiarkan alami.
Pengecatan
Pekerjaan yang kerap dibenci adalah mengecat eksterior secara teratur. Jika dinding luar rumah memiliki aksen batu bata telanjang, pengecatan tak diperlukan. Dinding batu bata yang sudah dicat, cukup sikat permukaan yang terkelupas dan berikan fungisida mencegah jamur. Kemudian cat dengan cat mikroporous. Pelapis water based lebih ramah terhadap lingkungan dari cat berbasis pelarut cat. Sayangnya cat berdasar air kurang tahan lama dibanding yang lain
Ganti Atau Perbaiki Jendela
Jendela memberikan identitas pada rumah. Memilih gaya yang salah dapat memperburuk tampilan rumah. Hal yang dapat dilakukan dengan properti lama adalah menempatkan kembali jendela dengan gaya yang sesuai. Mengubah jendela ini sebaiknya mempertimbangkan efisiensi energi penerangan, keamanan dan aliran udara. Beberapa rumah menerapkan kaca ganda sebagai jalan keluarnya. Juga terdapat jaca berbahan PVC yang lebin minim perawatan kendati tak ramah lingkungan. Sedangkan untuk mengganti teralis besi jendela, Anda bisa mencoba Critall.
Sebuah Pintu Depan Baru
Pintu depan sebaiknya dipertimbangkan agar lebih cocok dengan jalan muka rumah. Sebuah pintu tradisional berpanel dapat Anda kombinasikan dengan beberapa aksen pintu kontemporer seperti kenop pintu, angka di pintu dan lubang surat. Atau Anda dapat memilih pintu kontemporer berbahan kayu. Jika menghendaki pintu depan berkaca patri, pilihmotif sesuai gaya
bagian depan rumah. Misal, pilih kaca patri motif burung atau bunga untuk rumah bergaya Victorian, atau motif art deco sunburst untuk rumah gaya Edwardian.
Pertahankan Fitur
Layaknya rumah tua lestarikan beberapa fitur eksterior, termasuk aksen besi cor, talang air kuno dan sebagainya. Bahan modern mungkin akan minim perawatan, tetapi mereka tidak terlihat bagus di rumah-rumah tua. Cukup bersihkan mereka dengan sikat kawat kemudian cat ulang. Anda juga bisa menggantinya dengan bahan yang lebih ringan dan buatan lain
seperti bahan plastik atau aluminium.
Jalan Masuk
Bagian depan atau pinggir jalanan, merupakan nilai tambah bagi rumah. Anda bisa memainkannya dengan memasang batu paving tradisional dengan menggunakan pola dan warna yang didesain. Namun jangan lupakan untuk meminta ijin pada pengelola lingkungan atau pengembang jika dikhawatirkan akan mengganggu kepentingan umum.
Halaman Depan
Taman depan layak mendapatkan perhatian Anda. Pastikan halaman cukup rapi dan terurus. Caranya , bersihkan jalan, rapikan pagar, cat ulang pagar dan gerbang. Deretan lampu juga akan menambah pesona eksterior Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Develop and Designed by jualhosting.net / queenwebsite.com