Tidak semua produk mebel dijual dalam keadaan sudah jadi atau sudah melaui tahap finishing,tapi ada juga yang menjualbelikan mebel yang masih mentah.mebel mentah adalah produk mebel yang masih belum jadi total,atau belum difinishing mebel mentah memang mempunyai kondisi dan tampilan yang masih benar benar apa adanya langsung dari tukang atau pengrajin mebel.

Biasanya mebel mentah hanya diminati oleh para tengkulak atau para pedagang mebel yang mempunyai showroom.mebel mentah tersebut nantinya akan difinishing dan dijualnya kepada para pelanggan.hanya sedikit saja masyarakat yang berminat untuk membeli mebel mentah ini,karena kebnyakan para pembeli tidak mau repot repot untuk melakukan finishing pada mebel mentah tersebut,toh nanti hasilnyapun belum tentu bagus seperti yang ada pada toko toko mebel.

Jika tidak tau tentang permebelan pasti susah untuk mengetahui mebel mentah yang berkwalitas,beda lagi jika yang membeli adalah seorang tengkulak mebel,pasti mereka sudah lihai dan mahir dalam memilih mebel mentah,sebab mereka telah berpengalaman dan sudah pekerjaan sehari hari tentunya.tapi jangan kwatir bagi anda yang masih minim pengetahuan,karena dibawah ini akan dijelaskan bagaimana caranya untuk memilih mebel mentah yang berkwalitas.

Jika anda ditawari produk mebel dengan harga murah,anda patut curiga,sebab bisa jadi mebel yang ditawarkan tersebut tidak dibuat dengan menggunakan kayu yang berkualitas.Kayu yang mempunyai kualitas baik harganya dipasaran kayu  tergolong masih mahal,jadi tidak mungkin mebel dari kayu yang berkwalitas tinggi dibanderol dengan harga murah,atau masih di bawah standar harga pasar.untuk mengetahui harga pasaran sebuah produk mebel,anda bisa melakukan survei terlebih dahulu dari toko satu ke toko yang lain sebelum melakukan pembelian.

Sebisa mungkin pilihlah mebel yang sedikit warna mudanya,karena kayu yang bagus itu kayu yang mempunyai warna tua.sebab kayu yang berumur tua pastilah juga mempunyai warna yang tua juga.

Sebaiknya pilihlah produk mebel yang minim cacat kayu. Cacat kayu disini bisa berupa hati kayu,mata mati dan lubang kecil kecil pada kayu.Hal ini perlu diperhatikan sebab cacat kayu bisa mengurangi tampilan mebel yang diakibatkan oleh banyaknya dempul untuk menutupi pada bagian yang cacat tersebut.dengan minimnya cacat pada kayu pastinya akan minim juga cacat pada mebel yang akan difinishing nantinya.

Pilihlah mebel yang mempunyai kontruksi yang kuat dan kokoh,karena tidak semua perajin mebel bisa membuat produk mebel dengan konstruksi yang kokoh,harus sudah mempunyai pengalaman bertahun tahun dan mempunyai insting yang tajan dalam merakit,karena sudah terbiasa.

 

Cara diatas bisa anda gunakan sebelum membeli mebel yang masih mentah ataupun yang sudah difinishing,tanyakan dulu bentuk mentahnya seperti apa,prosesnya bagaimana dan lain lain yang sekiranya memang mebel tersebut benar benar mempunyai kwalitas yang baik dari segi mentahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Develop and Designed by jualhosting.net / queenwebsite.com